Pertamina Temukan Cadangan Minyak di Perbatasan RI-Malaysia

IMG_9115

Ilustrasi

JAKARTA – PT Pertamina Hulu Energi Nunukan Company (PHENC), anak usaha Pertamina yang mengoperasikan Blok Nunukan, berhasil menemukan cadangan minyak baru di lepas pantai (offshore) Nunukan. Kalimantan Utara. Wilayah Nunukan berbatasan langsung dengan Malaysia.

TA”Iya, saya juga baru dapat fotonya. PHE Nunukan yang menemukan, itu yang dinamakan eksplorasi drilling,” kata Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar, saat ditemui di Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (20/3/2017).

Namun Arcandra mengaku belum mendapat data terperinci mengenai temuan cadangan baru tersebut. Pemerintah akan segera melakukan evaluasi terhadap temuan ini.

“Saya belum tahu detailnya, belum dapat laporan resmi, nanti dievaluasi dulu,” ucapnya.

Menurut informasi dari sumber,  eksplorasi PHENC dan para mitra kerjanya di Blok Nunukan berhasil menemukan cadangan minyak yang dapat diproduksi hingga kira-kira 2.500 barel per hari (bph) dan sedikit gas.

Penemuan cadangan migas terbukti (proven reserve) ini diharapkan dapat menjadi pendorong ekonomi di daerah perbatasan dengan Malaysia. Rencananya hasil produksi migas Blok Nunukan akan diserap seluruhnya oleh PT Pertamina Gas (Pertagas) untuk memenuhi kebutuhan pembangkit listrik dan industri petrokimia.

Pengembangan Blok Nunukan juga dilakukan untuk menghindari berulangnya kembali peristiwa diambilnya Blok East Ambalat oleh Malaysia.(Dtc)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *