Petani Lada Di Sambas Keluhkan Harga Anjlok

Kebun lada/ilustrasi.(Ist)

SAMBAS – Sejumlah petani lada yang ada di Kabupaten Sambas, Kalimntan Barat mengeluhkan anjloknya harga komoditas tersebut hingga 50 persen dari harga sebelumnya.

“Saat ini harga lada dikisaran Rp63 ribu per kilogram. Sebelumnya harga lada kisaran Rp130 ribu – Rp150 ribu per kilogram,” ucap seorang petani lada Desa Tri Kembang, Errie Kurniawan saat dihubungi di Sambas, Minggu.

Anjloknya harga lada saat ini membuat dirinya khawatir harga tersebut terus turun dan tidak normal. Ia berharap pemerintah memperhatikan persoalan ini terutama soal pasar lada dan kestabilan harga.

“Sampai saat ini kita tidak tahu apa penyebab lada turun. Berkembang informasi kualitas lada di Sambas kurang baik. Terlepas dari itu semua ini tentu minta perlindungan pasar dan harga oleh pemerintah agar tidak ada permainan oleh agen atau apapun,” harap dia seperti dikutip dari Antara, Minggu (18/6).

Sementara itu, Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili mengatakan, persoalan harga hasil pertanian di Kabupaten Sambas memerlukan andil pihak ketiga agar terdapat variasi produk baru yang memiliki kekuatan di pasar.

“Persoalan ini, harga padi, jeruk, karet dan lada memerlukan penanganan serius. Saat pemerintah mendorong masyarakat untuk menanam, hal yang mesti diperhitungkan adalah pasarnya, persoalan ini juga disebabkan panen raya,” kata dia.

Menjual produk hasil pertanian kata Atbah tak melulu dalam bentuk konvensional, namun juga harus dilakukan terobosan atau inovasi baru.

“Inovasi dalam bentuk produk mesti dilakukan, upaya sistematis oleh pemerintah, negara berbisnis tapi harus menguntungkan rakyat,” jelasnya.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Cornelis Terima Penghargaan Pembina BPD Terbaik Indonesia 2017

Gubernur Cornelis Terima Penghargaan Pembina BPD Terbaik Indonesia 2017

SINGAPURA – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis menerima penghargaan sebagai Pembina Perbankan Terbaik di wilayah yang dipimpinnya. Kali ini Cornelis sebagai kepala pemerintahan mendapat penghargaan...
Pemerintah Malaysia Siap Jalin Kerjasama Pemprov Kalbar

Pemerintah Malaysia Siap Jalin Kerjasama Pemprov Kalbar

Tertibkan Taksi Tanpa Izin PONTIANAK – Pemerintah provinsi kalbar bersama pihak pemerintah Negeri Sarawak, Malaysia menjalin kerjasama menertibkan taksi ilegal yang selama ini beroperasi...
Rumah Murah Bisa Terwujud

Rumah Murah Bisa Terwujud

PONTANAK  Gubernur Kalbar, Cornelis mengharapkan dengan adanya kerjasama bersama pihak Kejati dan REI kebutuhan satu juta unit rumah dapat tercapai. “Program perumahan dan kawasan...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *