Produk Unggulan Kalbar Masih Diincar Konsumen

Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Frederika Cornelis menyampaikan beberapa hal terkait program dekranasda Prov Kalbar, pada rapat kerja nasional Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2017, di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta (26/9).(Team BK.com)

JAKARTA – Hadir pada rapat kerja nasional Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) tahun 2017, di Kementerian Pertahanan RI, Jakarta,(26/9), Ketua Dekranasda Provinsi Kalbar Frederika Cornelis menyampaikan beberapa hal terkait program-program dekranasda prov Kalbar.

“Program-program Dekranasda Provinsi Kalbar yang disampaikan yakni yang sudah dan akan dilaksanakan tahun 2016 sampai dengan Desember 2017.” ujar Frederika di sela-sela kegiatan.

Program-program tersebut dijelaskan Frederika, seperti Aspek produksi dan pemasaran, Ketersediaan bahan baku dan continulitas produksi.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalbar itu juga mengakui, ketersediaan bahan baku untuk kerajinan rotan menemui kendala karena habitat rotan di hutan alam sudah mulai terkikis dengan adanya alih fungsi hutan alam untuk dijadikan perkebunan sementara budidaya rotan rakyat masih terbatas.

“Sedangkan untuk bahan anyaman bambu dan pandan cukup tersedia, untuk kerajinan kayu terkendala pada aspek legalitas kayu dimana pengrajin harus melengkapi dokumen asal usul kayu hal ini sangat memberatkan dan mempersulit pengrajin kayu untuk mendapatkan sumber bahan baku yang legal serta untuk menjual produk kerajinan kayu kenegara Malaysia melalui pos lintas batas negara, entikong.” Ungkapnya.

Terhadap produk unggulan Kalbar menurut Frederika, tidak mengalami kendala yang berarti dimana pasar atau konsumen masih cukup menerima dan merespon cukup baik terutama untuk produk yang menggunakan bahan-bahan alami yang ramah lingkungan dan bernuansa etnik.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *