Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Ilustrasi

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33 triliun.

“Dari angka realisasi laporan kegiatan penanaman modal secara online di Kalbar tersebut mencapai 48,71 persen dari target sebesar Rp17,1 triliun,” ujar Kepala DPMPTSP, Syawal Bondoreso di Pontianak, Selasa.

Syawal menjelaskan angka realisasi yang ada bersumber dari Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN).

“Nilai realisasi PMA masih mendominasi yakni sebesar Rp4,77 triliun. Sedangkan untuk nilai realisasi PMDN sebesar Rp3,56 triliun,” kata dia.

Ia menambahkan bahwa apabila dilihat berdasarkan sektornya jumlah tambahan laporan proyek yang turut berkontribusi sebanyak 187 laporan proyek PMDN yang didominasi oleh sektor primer dari bidang usaha tanaman pangan dan perkebunan dengan jumlah laporan yang diterima sebanyak 57 laporan proyek.

“Sedangkan untuk PMA jumlah laporan yang diterima sebanyak 332 laporan proyek yang didominasi oleh sektor primer dari bidang usaha perkebunan serta sektor sekunder dari bidang usaha industri makanan yakni masing-masing sebanyak 104 laporan proyek dan 93 laporan,” jelasnya.

Syawal menyebutkan perkembangan investasi di Kalbar sangat strategis dalam mengukur tingkat kemajuan kegiatan investasi dan kontribusinya terhadap perkembangan ekonomi.

“Oleh karena itu DPMPTSP Kalbar sebagai instansi yang ditugaskan untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum di bidang penanaman modal swasta, secara berkala melaksanakan evaluasi terhadap perkembangan kegiatan investasi di Kalbar,” jelasnya.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

Gubernur Ini Ingatkan Pengunaan Dana desa

PONTIANAK – Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengingatkan Kepala Desa se-Kalimantan Barat untuk berhati-hati dalam penggunaan dana desa serta harus genah dalam pelaporan sehingga tidak...
Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

Pemkab Tabalong Bahas Rencana Teknik Bandara Warukin

TABALONG, Kalsel – Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan membahas rencana teknik terinci bandar udara Warukin sebagai persiapan pengoperasian pada 4 Desember 2017. Asisten Bidang...
Program 1 Juta Rumah di Landak

Program 1 Juta Rumah di Landak

LANDAK – Bupati Landak, dr. Karolin Margret Natasa meletakan batu pertama pembangunan program satu juta rumah yang berlokasi di daerah Ilong, Kecamatan Ngabang, Kabupaten...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *