Ribuan Peserta Festival Isen Mulang Hangatkan Sampit

Festival Budaya Isen Mulang.(Ist)

SAMPIT – Ribuan peserta dan pendamping kontingen Festival Budaya Isen Mulang 2017 menghangatkan ibu kota Kabupaten Kotawaringin Timur, Sampit, Provinsi Kalimantan Tengah.

“Pantauan kami, peserta dari seluruh kabupaten/kota sudah tiba. Persiapan pun sudah mencapai 99 persen. Mudah-mudahan semua berjalan lancar,” harap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kalimantan Tengah Guntur Talajan di Sampit, seperti dilansir dari Antara, Jumat (19/5).

Festival Budaya Isen Mulang akan dibuka pada Jumat (19/5) siang di Taman Kota Sampit, memperlombakan 20 cabang seni, olahraga dan permainan tradisional suku Dayak, peserta dari 13 kabupaten dan satu kota, termasuk Kotawaringin Timur yang menjadi tuan rumah.

Gubernur H Sugianto Sabran memutuskan, peringatan Hari Jadi ke-60 Provinsi Kalimantan Tengah dipusatkan di Sampit. Selain upacara, rangkaian kegiatan lain adalah Festival Budaya Isen Mulang, Kalteng Quality Expo, dan lain-lain di Sampit.

Jumlah peserta Festival Budaya Isen Mulang diperkirakan sedikitnya 1.500 orang. Jumlah itu belum termasuk pendamping serta peserta Kalteng Quality Expo yang juga diikuti seluruh kabupaten dan kota.

Guntur terlihat meninjau persiapan di sejumlah tempat yang akan dijadikan tempat pelaksanaan lomba. Dia juga memantau rapat penjelasan teknis lomba di Gedung Serbaguna yang dihadiri perwakilan peserta seluruh cabang lomba. Kegiatan itu juga dihadiri 57 orang juri dan 47 panitia dari pusat maupun provinsi.

“Kami mengajak seluruh masyarakat untuk beramai-ramai menyaksikan agar acara kita ini makin meriah. Ini menjadi momen berharga karena peserta dari seluruh kabupaten dan kota, hadir dalam Festival Budaya Isen Mulang ini,” kata Guntur.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kotawaringin Timur Fajrurrahman mengatakan, Festival Budaya Isen Mulang sudah siap dilaksanakan. Panitia provinsi dan kabupaten berkoordinasi dengan baik dalam melakukan persiapan itu.

“Kotawaringin Timur ingin meraih sukses ganda. Selain sukses sebagai tuan rumah penyelenggara, kami berharap juga sukses meraih prestasi tertinggi. Persiapan atlet sudah dilakukan setelah selesai Festival Budaya Habaring Hurung beberapa waktu lalu,” kata Fajrurrahman.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *