Rp260 Miliar untuk Pesta Demokrasi Pilgub Kalbar 2018

Gubernur Kalimanan Barat Cornelis menandatangani perjanjian hibah dengan KPUD dan Bawaslu Provinsi Kalimantan Barat di kantor Gubernur Kalbar, Jum’at (28/7).(Team BK.com)

PONTIANAK – Pemerintah Provinsi dan KPU Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) menyetujui anggaran pilkada serentak 2018, sebesar Rp260 miliar lebih.
Anggaran pesta demokrasi tersebut lebih efisien dari sebelumnya yang mencapai Rp285 miliar.

Ketua KPU Kalbar Umi Rifdiyawati mengatakan, anggaran penyelenggaran Pilkada serentak ini akan membiayai pelaksanaan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar serta lima Pilkada Bupati dan Wali Kota.

“Anggaran untuk keseluruhan ya. Karena pilgub, maka kita juga menanggung kabupaten kota. Terutama yang 9 (daerah) yang sudah melangsungkan pilkada tahun 2015 dan 2017,” kata Umi Rifdiyawati, Jumat (28/7/2017) di Pontianak.

Sedangkan untuk lima kabupaten kota yang menggelar pilkada serentak dengan pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, KPU memutuskan untuk melakukan sharing anggaran dengan KPU kabupaten dan kota.

“Makanya ini juga salah satu upaya efisiensi anggaran itu sendiri. Sharing anggarannya misalnya, untuk honor petugas di tingkat kecamatan, desa dan TPS. Mereka (kabupaten/kota) yang membiayai,” pungkas Umi.

Pada pilkada serentak 2018, ada enam pilkada yang akan digelar. Antara lain, pilkada Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, pilkada Kota Pontianak, Kabupaten Kubu Raya, Mempawah, Sanggau dan Kabupaten Ketapang.

Gubernur Kalimantan Barat Cornelis mengatakan agar KPU dan Bawasu Provinsi Kalbar benar-benar mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran pelaksanaan Pilkada ini sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, dan tiga bulan setelah pelaksanaan Pilkada agar menyampaikan pertanggungjawaban, karena Pemerintah sudah menjamin Pelaksanaan kegiatan Pemilihan Umum Kepala Daerah tahun 2018. Laporan penggunaan anggaran juga disampaikan secara berjenjang dan jika ada lebih anggaran agar di kembalikan ke kas daerah. “Kita berharap Penyelenggaraan Pilkada 2018 berjalan dengan aman dan lancar,” ujar Cornelis.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menambah pasokan 500.000 tabung elpiji 3 kg bersubsidi untuk lima provinsi di Kalimantan pada awal Desember 2017....
Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

SANGGAU – Sejak beberapa pekan terakhir, elpiji tiga kilogram di Kabupaten Sanggau warga mengeluh kesulitan mencari sehingga berdampak terhadap naiknya harga elpiji subsidi tersebut....
Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

SINGKAWANG – Warga Kota Singkawang mempertanyakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Singkawang tahun 2018 hingga saat ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *