Rusia Bangun Pusat Penelitian Nuklir di Penajam

Kawasan industri Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.(Ist)

PENAJAM – Perusahaan pembangkit nuklir asal Rusia, Rosatom, siap membangun Pusat Sains, Teknologi dan Industri Nuklir di Kawasan Industri Buluminung Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

“Dalam pertemuan dengan Rosatom dan Pemprov Kaltim di Jakarta, Rabu (10/5), Rosatom menyatakan kesiapannya membangun pusat penelitian nuklir itu di KIB,” kata Wakil Bupati Penajam Paser Utara Mustaqim MZ ketika dihubungi di Penajam, seperti dikutip dari Antara, Rabu (17/5).

Menurut ia, pertemuan tersebut merupakan permintaan Rosatom dan sudah beberapa kali diadakan untuk pemantapan rencana pembangunan pusat penelitian nuklir yang diberi nama The Buluminung Nuclear Industry-Science Techno Park (BNI-STP) itu.

Lokasi pembangunan BNI-STP sudah ditetapkan di Kawasan Industri Buluminung atau KIB Kabupaten Penajam Paser Utara.

“Pembangunan BNI-STP itu dirancang Pemprov Kaltim bersama Badan Tenaga Nuklir Nasional atau Batan,” jelas Mustaqim.

Pada sekitar Februari 2017, Batan telah melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Penajam Paser Utara untuk persiapan pembangunan BNI-STP.

“Tim teknik dari Batan sudah melakukan uji lokasi pembangunan pusat penelitian nuklir itu di KIB. Selain itu, juga sudah dilakukan survei untuk menyusun perencanaan studi kelayakan proyek pembangunan pusat penelitian nuklit tersebut,” tambahnya.

Ia menambahkan Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara menyediakan lahan seluas 20 hektar untuk pembangunan BNI-STP itu.

Wabup menyatakan keberadaan BNI-STP di Kabupaten Penajam Paser Utara akan banyak mendapat keuntungan, salah satunya terbukanya lapangan pekerjaan.

“Kami yakin ke depan Kabupaten Penajam Paser Utara akan menjadi kawasan industri besar, memang saat ini terkendala keuangan tapi tetap berusaha untuk kemajuan kabupaten,” tambah Mustaqim.

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *