Saudi Tutup Kantor Aljazirah

Ilustrasi

RIYADH – Otoritas Saudi menutup kantor lokal Aljazirah, media yang berbasis di Qatar, Senin (5/6). Sikap ini diambil sebagai buntut ketegangan di antara kedua negara.

Seperti dikutip Daily Sabah, penutupan kantor Aljazirah dilakukan karena kantor berita tersebut terlalu kritis terhadap pemerintahan Riyadh. Aljazirah juga dianggap sebagai alat propaganda Qatar.

Kendati demikian Aljazirah menegaskan sikapnya independen dan memberikan ruang bagi kelompok manapun untuk menyuarakan pendapatnya.

Sebelumnya Saudi dan sejumlah negara sekutu seperti UEA, Bahrain dan Mesir telah terlebih dahulu memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar.

Mereka beralasan Qatar menjadi penyokong utama gerakan teroris. Qatar dituding menjalin hubungan baik dengan Iran serta menjadi pelindung gerakan Ikhwanul Muslim yang membahayakan kekuasaan rezim di sejumlah negara Arab.

Saudi telah melarang pesawat Qatar masuk ke wilayah udara mereka. Begitu juga kapal laut Qatar, tak diperkenankan melintas perairan Saudi. Sikap yang sama juga diambil oleh Mesir dan UEA.(Rep)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *