Seruyan Buka Peluang Investasi Sektor Pariwisata

Pariwisata di Kabupaten Seruyan, Kalteng menjanjikan.(Ist)

SERUYAN  РPemerintah Kabupaten Seruyan, Kalimantan Tengah membuka peluang investasi bagi investor yang ingin mengembangkan sektor pariwisata di kabupaten tersebut.

“Kita membuka seluas-luasnya ruang investasi bagi para investor untuk ikut mengembangkan pariwisata di Seruyan,” kata Kepala Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata Harta Sima di Kuala Pembuang, Sabtu.

Ia mengatakan, Kabupaten berjuluk “Bumi Gawi Hatantiring” memiliki potensi pariwisata yang cukup menjanjikan. Mulai dari wisata alam, sejarah hingga budaya.

Bahkan beberapa objek wisata di antaranya sudah dikenal dan sering dikunjungi oleh masyarakat luas, seperti objek wisata Pantai Sungai Bakau di Desa Sungai Bakau Kecamatan Seruyan Hilir Timur.

“Investasi untuk pengembangan Pantai Sungai Bakau masih sangat terbuka, yakni untuk membangun fasilitas penunjang seperti wahana bermain, penginapan, rumah makan dan fasilitas penunjang lainnya,” katanya.

Meskipun Seruyan memiliki banyak potensi wisata, namun pengembangannya sangat sulit dilakukan karena hanya bergantung pada anggaran pemerintah daerah. Sementara Pemkab Seruyan masih fokus mengarahkan anggaran untuk membangun infrastruktur baik jalan maupun jembatan yang menghubungkan desa dan kecamatan.

Menurutnya, semangat pemerintah daerah dan masyarakat untuk membangun sektor wisata tersebut cukup besar, namun pemerintah daerah memiliki keterbatasan anggaran untuk melakukan penataan terhadap objek wisata yang ada.

Saat ini Pemkab Seruyan hanya dapat fokus pada promosi dan pembenahan fasilitas dasar, tetapi untuk lebih berkembang maka harus ada keterlibatan pihak dengan kemampuan dana agar fasilitas pendukung yang dibutuhkan dapat terpenuhi.

“Kalau pariwisata hanya mengandalkan APBD saja maka pengembangan perlu waktu lama, jadi Seruyan memang perlu investor agar sektor pariwisata dapat berkembang dengan cepat,” katanya.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *