Singkawang Siap Tampilkan Kerajinan Tangan Pelaik di Bali

Ilustrasi

SINGKAWANG – Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM Kota Singkawang menampilkan kerajinan tangan dengan bahan kayu pelaik pada Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Gianyar, Bali.

“Kita akan tampilkan kerajinan tangan, yang bahannya berasal dari kayu pelaik, dengan gapuranya mengusung bangunan kota yang indah di Singkawang,” kata Kasi Distribusi Barang dan Perdagangan Luar Negeri, Dinas Perdagangan, Industri, Koperasi dan UKM Singkawang, Helmi Aswandi, Senin.

Menurutnya, kayu pelaik ini dibawa langsung dari Singkawang, lantaran ringan dan mudah dibentuk.

Helmi mengatakan, Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Bali berlangsung selama lima hari, dari tanggal 15-19 April 2017.

“Dalam Rakernas ini, kita membawa tiga UKM dari Singkawang,” ujarnya.

Dia berharap, pelaku usaha yang diikutsertakan mampu mendapatkan pelajaran berharga dari Rakernas JKPI.

Karena, selain diikuti oleh kota-kota di Indonesia juga akan banyak wisatawan di Gianyar, Bali tersebut.

“Harapan kami selain ada transaksi mereka juga dapat belajar banyak dan memiliki pembanding usaha dari kota-kota lainnya,” tuturnya.

Sementara itu, Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Singkawang akan menampilkan Cap Go Meh pada pameran Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Gianyar, Bali.

“Kita akan tampilkan kebudayaan Cap Go Meh yang telah menjadi daya tarik Internasional pada pameran JKPI di Gianyar, Bali” kata Kadis Parpora Singkawang, Bosni.

Disamping itu, pihaknya juga akan menampilkan tari-tarian multi etnis, serta pameran UMKM produk kerajinan daerah. Sehingga, dalam kegiatan tersebut, beberapa kebudayaan dan kerajinan khas asal Singkawang diikutsertakan dalam Rakernas Jaringan Kota Pusaka Indonesia (JKPI) di Bali.

Menurut Bosni, selain Rakernas JKPI, juga ada seminar Internasional, pameran, dan pentas seni.

“Untuk malam kesenian kita akan tampilkan tarian multi etnis, serta pameran UMKM produk kerajinan daerah sedangkan pariwisata mengisi Stan pameran JKPI di Gianyar, Bali,” ujarnya.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *