Sintang Akan Masuk Perhitungan IHK Kalbar

IMG_20150701_152617

Sungai Kapuas yang menghubungkan Pontianak hingga Kabupaten Sintang di Kalbar merupakan jalur perdagangan yang potensial.(OK/BK.co)

PONTIANAK – Badan Pusat Statistik akan memasukkan Kabupaten Sintang dalam perhitungan indeks harga konsumen .

IHK adalah salah satu indikator ekonomi yang sering digunakan untuk mengukur tingkat perubahan harga di tingkat konsumen. Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalbar Badar mengatakan Kabupaten Sintang akan mulai masuk ukuran persentase pada 2018 diawali dengan survei biaya hidup (SBH) terlebih dahulu.

“Bukan saat ini (tahun 2015) tapi nanti sebagai kota yang dihitung IHK-nya pada 2018,” katanya kepada Bisnis, Rabu (1/7/2015.

Badar mengatakan kriteria menghitung IHK ditinjau dari kebutuhan tersier di kabupaten tersebut yaitu sektor perdagangan dan jasa termasuk juga kondisi geografis mempengaruhi ditetapkannya wilayah tersebut dalam IHK Kalbar.

“Kabupaten tersebut setelah disurvei memiliki kebutuhan tersier dari sektor perdagangan dan jasanya tinggi termasuk sudah cukup mewakili kota lainya. Distribusi barang di lokasi di sana juga lancar dan tinggi,” tuturnya.(bisnis.com)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *