Tersesat di Kebun, Orangutan Betina Ini Dievakuasi Tim BKSDAb

Orangutan yang nyasar ke kebun warga saat diselamatkan tim BKSDA.(Sindonews)

KOTAWARINGIN BARAT – Terus tergerusnya habitat orangutan di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng), membuat sejumlah primata dilindungi ini terus keluar hutan dan masuk ke kebun warga untun mencari makanan.

Seperti yang terjadi pada, Senin (2/10/2107) warga Desa Tangar, Kecamatan Mentaya Hulu Kabupaten Kotawaringin Timur melaporkan ada seekor orangtuan yang berada di kebunnya mencari makan.

“Karena lokasi yang cukup jauh, baru pada Selasa, 3 Oktober 2017, pukul 09.00 WIB Tim Rescue SKW II BKSDA Pangkalan Bun Kalteng beserta OFI bergerak menuju lokasi,” ujar Kepala BKSDA SKW II Pangkalan Bun Kalteng Agung Widodo melalui Stafnya Muda Yulivan, Rabu (4/10/2017).

Dijelaskan, pada Senin 2 Oktober 2017 sekitar pukul 15.00 WIB, petugas pos BKSDA Sampit, Kotim, Muriansyah mendapat laporan dari masyarakat bahwa ada orangutan di kebun milk warga di Desa Tangar.

Saat itu primata dilindungi ini sedang mencari makan dan terlihat mengacak-acak kebun. “Karena hutan mulai terkikis kebun sawit maka orangutan masuk perkebunan masyarakat. Hutan sekarang sudah tinggal sedikit, karena berubah menjadi perkebunan,” katanya.

Evakuasi orangutan ini dengan cara ditembak obat bius. Selanjutnya orangutan diamankan dan diperiksa.

“Jenis Kelamin, Betina, Umur, 5 tahun Berat, 16 Kg, Kondisi fisik, Sehat. Dan saat ini sudah tiba di Pangkalan Bun. Saat ini dibawa ke Balai Orangutan Carantina (OCCQ) milik OFI untuk dikarantina,” pungkasnya.(Sindonews)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *