TN Betung Kerihun-Danau Sentarum Fokus Kejar Target

Taman Nasional Danau Sentarum, Kapuas Hulu, Kalbar.(OK/BK.com)

KAPUAS HULU – Kepala Bidang Teknis Konservasi Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Munawir mengatakan saat ini fokus pada 16 target yang diamanahkan kepada pihaknya dari Kementerian LH dan Hutan.

“Ada 16 hal yang mesti kita capai dari target yang ada pada tahun ini di taman nasional seperti soal pariwisata, perlindungan, konservasi dan lainnya. Ini tentu kerja keras dan kerja sama dengan berbagai mitra,” ujarnya di Putussibau, Kapuas Hulu, Selasa.

Hingga saat ini kata Munawir, untuk mencapai target yang ada tentunya tidak kerja sendiri namun membutuhkan kerja sama. Sehingga dalam beberapa waktu lalu pihaknya sudah melakukan 17 kerja sama dengan 17 mitra untuk mencapai target tersebut.

“Di Indonesia kita dari pengelola taman nasional yang terbanyak bermitra atau menjalin kerja sama. Saat ini tinggal persetujuan dan sudah di meja Dirjen,” kata dia.

Fokus pertama yang akan dilakukan pihaknya yakni memperbaharui data soal populasi keanekaragaman populasi di lokasi taman nasional tersebut.

“Data dasar yang kita pegang saat ini yakni dari tahun 1996. Tentu ini tidak menggambarkan lagi kondisi yang ada dan perlu pembaharuan,” kata dia.

Kemudian fokus selanjutnya yaitu melakukan program berdasarkan mandat kelola taman dan melihat sejarah serta SK adanya taman nasional tersebut. Ia mencontohkan dari mandat yang ada mengapa ditetapkan taman nasional karena ada orangutan, beruang madu dan ada dua lainnya.

“Berkaitan fokus pertama juga sampai saat ini pelaksanaan mandat baik soal data dan lainnya masih minim. Contoh berapa populasi orangutan dan di mana lokasi perkembangan dan lainnya belum detail. Itu tentu PR kita,” kata dia.

Dengan fokus yang ada dan mengacu pada target yang ingin dicapai ia memberikan peluang besar kepada berbagai pihak untuk bekerja sama.

“Kita terbuka siapa saja menjadi bagian dari pencapai target kita. Hal itu tentu koordinasi dan kerjasama yang baik. Ke depan kita juga butuh riset centre sebab kita meyakini dari penelitian yang ada banyak hal baru ditemukan karena potensinya masih besar,” katanya menerangkan.

Saat ini paparnya, dari sisi sosial dan lingkungan hidup, tantangan dan perhatian mengarah pada Danau Sentarum yang di lokasi taman tersebut ada 11 ribu jiwa yang tinggal dan mencari sumber kehidupan di sana.

“Keadaan ada ini menjadi perhatian dan perlu pemberdayaan dan pembinaan agar keberlangsungan dan kelestarian taman masih sebagaimana mestinya. Tidak dipungkiri dengan berkembangnya penduduk maka masa depan taman akan menjadi berat. Di sisi lain kita tidak bisa memindahkan masyarakat di sana ke daerah lain karena mereka lebih dulu di sana dibandingkan penetapan kawasan taman nasional,” kata dia.

Ia menjelaskan adapun area luas Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum masing – masing yakni 127 hektare dan 816 hektare.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

Kebutuhan Gula Di Kalsel Anjlok

BANJARMASIN– Ketua Asosiasi Gula Bersatu Kalimantan Selatan Aftahuddin mengatakan Kebutuhan gula di provinsi ini anjlok dari sebelumnya 12 ribu ton per bulan menjadi hanya...
Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

Mentan Buka Hari Pangan Sedunia Di Kalbar

KUBU RAYA – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman membuka peringatan hari pangan sedunia XXXVII yang digelar di Kubu Raya, Kalbar, Kamis. Peringatan hari pangan...
Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

Ibu-ibu di Balikpapan Demo Dukung Transportasi Daring

BALIKPAPAN – Ratusan ibu-ibu menggunakan kostum serba hijau dan membawa panci mendatangi gedung DPRD Balikpapan, Kalimantan Timur, Selasa, guna menyampaikan sikap menentang penutupan transportasi...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *