UKM Dapatkan Kemudahan Pinjaman Bank

UKM di Barito Utara, Kalteng diharapkan berkembang dengan bantuan kemudahan pinjaman dari perbankan.(Ist)

BARITO UTARA – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, menggelar pelatihan pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah.

“Pemerintah daerah berupaya untuk dapat menumbuh kembangkan wirausaha di daerah ini dengan dimulainya percepatan pembinaan kewirausahaan di daerah,” kata Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Barito Utara Tenggara Teweng di Desa Kandui Kecamatan Gunung Timang, kemarin.

Menurut Tenggara, melalui Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) akan mendapatkan banyak kelebihan, seperti adanya legalitas izin, mempermudah akses dalam hal pembiayaan karena orang telah memiliki izin atau kartu IUMK akan memperoleh kemudahan untuk mendapatkan pinjaman dari Bank yang telah memiliki kerjasama dari KUMKM.

Tenggara mengatakan jika sudah memiliki izin atau kartu IUMK dari Camat setempat nantinya akan mendapatkan kartu dari Bank yang memiliki kerjasama.

Selanjutnya akan diurus konsultan Pusat Pelayanan Usaha Terpadu Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (PLUT-KUMKM) dan dibantu oleh pendamping IUMK masing-masing kecamatan.

“Kelebihan dari memiliki kartu IUMK, adanya pendampingan dari pihak pemerintah terhadap aktivitas usaha mikro kecil dan menengah,” katanya.

Tenggara mengatakan jika nantinya menghadapi kendala atau masalah, maka setiap pemilik izin atau pemilik kartu IUMK akan mendapatkan pendampingan dari PLUT-KMKM karena program ini bertujuan untuk membantu dan mempermudah setiap pemilik izin dalam memajukan dan mengembangkan UMKM.

Pemerintah beberapa tahun terakhir mengembangkan Kredit Usaha Rakyat (KUR) dimana menjadi tugas kita bersama untuk memastikan bahwa lembaga keuangan dapat melayani pengusaha mikro dan kecil.

“Saya sangat berbesar hati, bahwa hari ini rangkaian kegiatan untuk memberdayakan pengusaha mikro melalui pelatihan yang dilaksanakan di Kandui Kecamatan Gunung Timang. Diharapkan kegiatan ini akan meningkatkan pengetahuan di bidang masing-masing dan pengembangan usaha sehingga usaha yang digeluti saat ini akan berkembang lebih baik,” kata Tenggara.

Ia juga mengatakan Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Barito Utara bertanggung jawab membina pengrajin secara berkelanjutan, bermanfaat dan berdampak luas. Melalui kegiatan ini, Dinas Koperasi dan UMKM mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bahu membahu, bekerjasama dengan tindakan nyata dan berdampak positif.

“Kami mengharapkan, semua yang hadir dalam kegiatan ini dapat tetap teguh, tekun dan pantang menyerah mengembangkan usaha. Karena bapak bapak dan ibu ibu adalah tulang punggung perekonomian di Kabupaten Barito Utara,” ujarnya.(Ant)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

Harga Ikan dan Ayam di Pontianak Naik

PONTIANAK – Harga ikan dan ayam di sejumlah pasar yang ada di Pontianak dalam beberapa minggu terakhir mengalami kenaikan cukup signifikan bahkan mencapai di...
Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

Presiden Ingin Warga Perbatasan Menikmati “Satu Harga BBM”

JAKARTA – Presiden RI Joko Widodo menginginkan masyarakat Papua di pegunungan dan perbatasan bisa menikmati harga BBM dan harga bahan pokok sama dengan wilayah...
Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

Realisasi Investasi Kalbar Semester I Rp8,33 Triliun

PONTIANAK – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kalbar mencatat realisasi investasi Semester I 2017 (Januari -Juni) di Kalbar mencapai Rp8,33...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *