UMK Sambas 2017 Rp2,088 Juta

sambas-kalbar-2

Kabupaten Sambas, Kalbar.(Ist)

SAMBAS – Dewan Pengupahan Kabupaten Sambas telah mengusulkan kepada Gubernur Kalimantan Barat bahwa untuk angka Upah Minimum Kabupaten (UMK) tahun 2017, yakni sebesar Rp2,088 juta.

“Angka yang diusulkan tersebut merupakan hasil dari anggota Dewan Pengupahan Kabupaten Sambas,” ujar Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertran) Kabupaten Sambas, Agus Supardan saat dihubungi di Sambas, Minggu.

Agus Supardan menjelaskan bahwa Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kabupaten Sambas hingga September 2016 sebesar Rp2.084.441.

“KHL tersebut UMK Sambas mencapai 97 persen dan UMK sektoral Kabupaten Sambas tahun 2017 sebesar 0,05 persen di atas KHL,” katanya.

Ia menambahkan, pengajuan angka UMK sekarang mengacu pada KHL September.

“Dasar penetapan juga dari inflasi selama satu tahun September 2015 hingga September 2016 sebesar 3,70 persen yang ditambah dengan pertumbuhan produk domestik bruto selama kuartal III dan IV tahun sebelumnya,” kata dia.

Dikatakannya juga kondisi pasar juga salah satu dasar dalam pertimbangan dan penetapan UMK tahun 2017.

Pertimbangan lainnya juga berdasarkan kemampuan perusahaan turut menjadi bahan pertimbangan. Dasar pertimbangan penetapan UMK juga memperhatikan saran dan masukan dari serikat pekerja, pengusaha dan pemerintah.

“Jumlah yang ada tersebut hanya usulan dan selanjutnya setelah diusulkan oleh Bupati maka Gubernur Kalbar yang akan menentukan,” kata dia.(Antara)

Share Button

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *