Ungkap Misteri Suku Terasing di Kalimantan

PONTIANAK – Tim Gubernur Kalimantan Barat, terdiri dari Paguyuban Dayak Uud Danum, World Wildlife Fundation (WWF) Indonesia Program Kalimantan Barat, diperkuat para ahli anthropologi, arkeologi dan sosiologi dari Untan Pontianak sangat optimis bisa menemukan gua tempat tinggal suku terasing Dayak Uud Sio.

Dayak Uud Sio bermukim di Gua Soak Auk, Desa Romukhoi, Kecamatan Sarawai, Kabupaten Sintang, terletak di jantung Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka. Dari Desa Romukhoi, perjalanan darat membutuhkan waktu dua pekan hingga ke gua tempat tinggal Dayak Uud Sio.

“Rasa optimis kami, karena dua orang penunjuk jalan, sudah beberapa kali berinteraksi dengan Dayak Uud Sio di Gua Soak Auk. Namanya Yohanes Tindan dan Hendrikus, asal penduduk Kecamatan Ambalau, Kabupaten Sintang,” kata Rafael Syamsudin, Ketua Paguyuban Dayak Uud Danum Provinsi Kalimantan Barat, Senin (17/11).

Prof Emeritus Syamsuni Arman, Ph.D, anthropolog Universitas Tanjungpura, bertindak sebagai Ketua Tim Gubernur Kalimantan Barat, untuk mendokumentasikan komunitas Dayak Uud Sio di Gua Soak Auk.

Yohanes Tindan dan Hendrikus, menurut Syamsudin, segera dipanggil menghadap Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, memastikan tim yang akan dikirim dijamin bisa mendokumentasikan komunitas Dayak Uud Sio, sesuai permintaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat.

Syamsudin sangat berterimakasih kepada Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis yang telah memberikan perhatian sangat besar di dalam mendokumentasikan keberadaan suku terasing di Taman Nasional Bukit Raya Bukit Baka.(*/foto: OK)

Share Button

Ekonomi[ View All ]

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

Pertamina Tambah 500.000 Tabung Elpiji di Kalimantan

PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region VI menambah pasokan 500.000 tabung elpiji 3 kg bersubsidi untuk lima provinsi di Kalimantan pada awal Desember 2017....
Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

Warga Sanggau Keluhkan Langkanya Gas Tiga Kilogram

SANGGAU – Sejak beberapa pekan terakhir, elpiji tiga kilogram di Kabupaten Sanggau warga mengeluh kesulitan mencari sehingga berdampak terhadap naiknya harga elpiji subsidi tersebut....
Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

Warga Singkawang Pertanyakan Alasan APBD Belum Disahkan

SINGKAWANG – Warga Kota Singkawang mempertanyakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Singkawang tahun 2018 hingga saat ini...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *